Friday, January 16, 2009

Mencari kerja atau menciptakan pekerjaan

Pasar Hanya Menyerap Dua Juta dari 3,7 Juta Pencarai Kerja
Hanya 2.000.053 dari 3.777.120 pencari kerja yang terserap pasar kerja dalam 2.475.782 lowongan kerja yang tersedia pada 2008 (KESRA).

Direktur Pengembangan Pasar Kerja Depnakertrans Reyna Usman di Jakarta, Rabu, mengatakan, angka pencari kerja tersebut berasal dari mereka yang memohon kartu kuning yang tercatat di Depnakertrans.

Dari data Depnakertrans, saat ini terdapat 10 provinsi yang memiliki angka pengangguran terbesar. Tiga yang pertama terbesar adalah Jawa Timur dengan 407.739 orang, Yogjakarta (307.758), dan Jawa Tengah (300.509). Di DKI Jakarta terdapat 41.559 pengangguran yang tercatat di Depnakertrans.

Mengenai peluang kerja, Reyna mengatakan, sebenarnya banyak peluang kerja yang ditawarkan Bursa Kerja On Line (BKOL) yang dikelola Depnakertrans, tetapi masyarakat dan pemerintah daerah belum memanfaatkannya dengan baik.

"Banyak Pemda yang belum tahu akses ini. Jika ada, maka perangkat bursa kerja on line mereka sering 'mati hidup' karena tidak ada biaya operasional. Kami berharap mereka lebih memperhatikan keberadaan BKOL, agar warganya bisa cepat mengetahui lowongan kerja yang ada," katanya.

Dia memrediksi, pada 2009 ini jumlah lowongan kerja yang ada tak berbeda jauh dengan tahun 2008, yaitu sekitar 2,6 juta hingga 2,7 juta untuk dalam dan luar negeri. Peluang itu sebagian besar di bidang jasa dan pertanian dengan kualifikasi lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

Mengenai tenaga terdidik seharusnya bisa menciptakan lapangan kerja, untuk memanfaatka potensi-potensi yang ada di negeri kita sendiri, seperti sektor pertanian, perikanan, budidaya, jasa dan pariwisata. Sehingga potensi negeri kepulauan kaya yang kita cintai ini bisa kita manfaatkan sendiri secara optimal.

4 comments:

Anonymous said...

lebih suka bekerja sendiri, menciptakan pekerjaan buat diri sendiri, kalau kewalahan baru rekut orang lain

Anonymous said...

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

Anonymous said...

bujur tu jar dunia ely...

mun kawa tu ada nang mamodali pang ya kalo?

Andita Propertiez said...

@Dunia Ely: Betul, kalo bisa menciptakan lapangan kerja buat orang lain juga.sip!

@Hapi: Thanks, great tutoroal.

@baburinix!: Iya ai, itu yang paling dihandaki urang! he he he ... sukses!

Template by : kendhin x-template